Jokowi Tunjuk JK Pimpin Penanganan Gempa Bumi di Sulteng

| Selasa, 02/10/2018 19:43 WIB
Jokowi Tunjuk JK Pimpin Penanganan Gempa Bumi di Sulteng Wapres Jusuf Kalla (foto:infonawacita)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunjuk wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi komandan untuk penanganan bencana gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Usai ditunjuk, JK menyebut akan fokus dalam rehabilitasi dan rekonstruksi keadaan akibat bencana.

"Saya tentu bertanggung jawab untuk cepatnya selesai efek akibat bencana itu, ya rehabilitasi. Sampai rehabilitasi dan rekonstruksi. Jadi tanggap darurat, lalu rehabilitasi rekonstruksi kita tugaskan ke PU dan macam-macam," kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Selasa, 2 Oktober 2018.

Wapres juga menyebut sejumlah tawaran bantuan dari asing kini terus dibicarakan. JK juga mengatakan bahwa Pemerintah akan lebih dulu memilih bantuan dari asing yang dapat mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi kondisi terdampak bencana.

"(Bantuan dari asing) lagi dibicarakan karena memang ini kita harus pertimbangkan supaya bisa dipakai langsung. Maka kita lebih memfokuskan untuk bantuan asing untuk rehabilitasi dan rekonstruksi," jelasnya.

Selain JK, Presiden Jokowi juga menunjuk Menkopolhukam Wiranto sebagai koordinatoor penanganan bencana, terutama bantuan internasional. 

Tags : Gempa Bumi , Donggala , Palu , Jokowi , Jusuf Kalla

Berita Terkait