Jawaban KPK Soal Wacana Amien Rais Ungkap Kasus Mengendap

| Selasa, 09/10/2018 21:16 WIB
Jawaban KPK Soal Wacana Amien Rais Ungkap Kasus Mengendap Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menegaskan akan membongkar kasus yang sudah lama mengendap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikannya setelah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus pernyataan bohong Ratna Sarumpet, Selasa, 9 Oktober 2018.

Pernyataan mantan ketua umum Muhammadiyah itu langsung dijawab oleh juru bicara KPK Febri Diansyah. Dia meminta Amien Rais fokus pada konteks perkara yang dijalaninya, bukan mengaitkannya dengan institusi lain.

"Saya juga baca pernyataan itu di beberapa media. Saya kira mungkin akan lebih baik saksi yang dipanggil untuk datang dan fokus pada konteks perkara yang terkait. Agak aneh kalau tiba-tiba mengaitkannya dengan institusi lain seperti KPK, misalnya," kata Febri di gedung KPK, Jakarta.

Dia mengatakan, KPK mempersilahkan Amien rais menyampaikan jika ada informasi maupun bukti valid yang berkaitan dengan kasus korupsi. "Jangan sampai hanya klaim bahwa di satu tempat ada korupsi padahal tidak didukung oleh bukti-bukti valid, misalnya, atau sebenarnya isunya bukan isu korupsi tetapi isu pidana yang lain. Kalau memang ada informasi dan bukti yang valid silahkan saja sampaikan pada KPK," tandasnya.

Febri juga menyatakan bahwa dalam proses politik saat ini untuk tidak mencoba-coba menarik KPK dalam aspek politik. Dia menegaskan bahwa KPK tetap bersikap independen dari aspek politik.

"Yang paling penting adalah dalam proses politik saat ini, kontestasi politik yang sedang berjalan saat ini, kami harap pihak-pihak lain untuk tidak coba menarik KPK dalam lingkaran apalagi pusaran politik. Karena kami tidak akan terpengaruh dengan upaya-upaya tersebut. KPK tetap independen dari aspek politik," pungkasnya. 

Tags : KPK RI , Kasus Korupsi , Amien Rais