Basarnas Hentikan Penyelaman, Pencarian di Permukaan Tetap Berjalan

| Senin, 29/10/2018 22:45 WIB
Basarnas Hentikan Penyelaman, Pencarian di Permukaan Tetap Berjalan Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji (Direktur Operasional Basarnas). (Foto: inewsid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Operasional Basarnas Brigjen (Mar) Bambang Suryo Aji memastikan pencarian di malam hari tidak dilakukan dengan penyelaman. Namun, pencarian korban pesawat JT-610 tetap dilakukan di permukaan.

"Saya perintahkan bisa bergerak bergabung untuk bisa mencari bangkai kapal 24 jam. Hanya penyelaman yang saya hentikan (di malam hari)," kata Bambang dalam konferensi pers di kantor Basarnas, Jakarta, Senin, 29 Oktober 2018.

Ia menerangkan, pencarian di malam berbahaya bagi para penyelam. Dirinya menyebut cuaca dan kondisi laut di malam hari tidak bersahabat.

"Kita pending dulu. (Tapi) Operasi di atas kapal kita tetap kita laksanakan," jelasnya.

Diinformasikan, saat ini Basarnas masih melakukan pencarian badan pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Namun, seperti yang disampaikan Bambang, pencarian korban dan bangkai pesawat tetap dilakukan di atas permukaan.

Tak hanya itu, Basarnas menambah kapal SAR untuk membantu pencarian. Mereka didatangkan dari Lampung, Bandung dan Semarang.

Penambahan kapal tersebut diharapkannya dapat mempercepat pencarian dan penemuan lokasi tubuh pesawat. 

Tags : Basarnas , Penyelaman , JT 610

Berita Terkait