Hanif Dhakiri Minta Pemerintah Desa Bantu Lindungi Pekerja Migran

| Senin, 19/11/2018 19:44 WIB
Hanif Dhakiri Minta Pemerintah Desa Bantu Lindungi Pekerja Migran Menaker M Hanif Dhakiri hadiri Jambore Nasional Keluarga Migran Indonesia di Sleman (Photo: Kemnaker.go.id)

PASURUAN, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Meraker) M Hanif Dhakiri meminta pemerintah desa agar membantu melindungi pekerja migran. Terutama bagi warganya yang ingin bekerja ke luar negeri agar melalui prosedur yang benar dan legal.

"Keterlibatan aparat desa perlu diperkuat. Selama ini data WNI yang menjadi pekerja migran tidak terkelola dengan baik karena banyaknya calo beredar di desa-desa," kata Hanif Dhakiri di Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu 17 November 2018.

Menurut Hanif selama ini pemerintah terus memperkuat program di desa desa agar tifak  bersifat parsial, tak kompreshensif dan tak terpadu. Apalagi desa sebagai lokus program Desmigratif, sangat penting dijangkau secara nasional.

Karena itulah, lanjut Hanif layanan migrasi sebagai salah satu dari empat pilar program Desmigratif sebenarnya merupakan P3K untuk proses migrasi. Di situ ada pendataan dan ada pendaftaran sebagai antisipasi pendataan awal migrasi.

"Jadi orang yang keluar masuk ke desa itu bisa terdata dan terkelola dengan baik. Hal ini perlu dilakukan terutama bagi yang penduduknya bekerja di luar negeri," tukasnya.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Pekerja Migran , PMI ,

Berita Terkait