Ajak Santri Jaga Persatuan, Jokowi: Ketemu Pemimpin ASEAN Gandengan Padahal Saingan

| Jum'at, 23/11/2018 20:59 WIB
Ajak Santri Jaga Persatuan, Jokowi: Ketemu Pemimpin ASEAN Gandengan Padahal Saingan Presiden Jokowi bagikan sertifikat di Lamteng, Lampung, Jumat 23 November 2018 (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para santri agar bahu membahu membangun bangsa. Jokowi bercerita saat bertemu dengan para pemimpin negara-negara ASEAN gandengan, padahal dalam hati saingan.

"Di Lampung proses pengerjaan beberapa waduk, jalan tol, jalan di kabupaten untuk bisa bersaing dengan negara lain. Antarnegara berkompetisi," kata Jokowi di Ponpes Darussalamah, Lampung Timur, Lampung, Jumat, 23 November 2018.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan pentingnya berkompetisi dengan negara lain, khususnya negara tetangga. Jokowi mengaku juga merasa bersaing dengan pemimpin negara lain.

"Kita di ASEAN kalau ketemu Presiden, PM (itu) gandengan. Batin saya pesaing ini pesaing. Tapi dibatin saja. Ini pesaing, menyaingi itu. Kita jualan mobil, dia juga. Kan saingan. Kita jualan kelapa sawit, Malaysia juga. Beberapa produk kita seperti itu," terangnya.

Jokowi juga berpesan agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai karena pilihan politik berbeda, masyarakat jadi saling berselisih.

"Kalau ada Pilbup, lihat rekam jejaknya. (Kemudian) prestasinya, gagasannya, ide-idenya, karakternya kalau kita tahu, suka marah-marah atau nggak, suka ngamuk-ngamuk atau nggak, dilihat itu, harus dilihat. kalau sudah dilihat, silahkan dipilih," pungkas Jokowi. 

Tags : Jokowi , Santri , Persatuan , Gandengan , Persaingan , Lampung