BNPB: Fokus Utama Kita Evakuasi dan Pencarian Korban

| Selasa, 25/12/2018 16:34 WIB
BNPB: Fokus Utama Kita Evakuasi dan Pencarian Korban Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Data Informasi dan Humas BNPB). (Foto; nusantaranews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai saat ini masih fokus melakukan penanganan dampak tsunami di Selat Sunda yakni evakuasi dan pencarian korban. Tak hanya itu, BNPB juga fokus pada penanganan korban luka-luka dan para pengungsi serta perbaikan sarana dan pra sarana umum yang rusak akibat tsunami. 

"Karena masih banyak korban yang dilaporkan hilang, jadi fokua utama kita adalah evakuasi dan pencarian korban," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Selasa, 25 Desember 2018. 

Data dari BNPB yang dilansir dari Antaranews.com, Selasa hingga pukul 13.00 WIB tercatat 429 orang meninggal dunia, 1.485 orang luka-luka, sebanyak 154 orang hilang dan 16.082 orang mengungsi. 

Proses pencarian korban juga dilakukan lewat jalur laut yang dilakukan oleh TNI AL dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Selain pencarian korban, operasi laut juga difungsikan untuk mendistribusikan bantuan terutama bagi daerah yang sulit dijangkau lewat jalur darat. 

Satu lokasi masih terisolasi karena akses terhambat, yaitu Kecamatan Sumur, Pandeglang. Tim gabungan baru bisa menjangkau satu desa dari tujuh desa di Kecamatan tersebut. 

Adapun enam desa yang masih terisolasi dan membutuhkan bantuan diantaranya desa Cigorondong, Kertajaya, Sumberjaya, Tunggajaya, Ujungjaya dan Kertamukti. 

Tags : BNPB , Tsunami , Selat sunda