Tanggapi Permintaan Gerindra, ini Jawaban KPK!

| Kamis, 31/01/2019 20:45 WIB
Tanggapi Permintaan Gerindra, ini Jawaban KPK! Juru Bicara KPK, Febri Diansyah. doc. istimewa

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPK) menjawab permintaan dari partai Gerindra terkait pengumuman partai dengan kader terbanyak yang ditangkap karena kasus korupsi. Menurut Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, selama ini pengumuman tersangka telah dilakukan secara terbuka kepada publik.

"Saya kira begini, kalau pengumuman tersangka di KPK itu sudah dilakukan secara terbuka. Bahkan kompilasinya juga ada di laporan tahunan KPK, kami sampaikan juga ke DPR," kata Febri di gedung KPK, Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019.

Namun, ia enggan menanggapi permintaan untuk mengumumkan partai dengan kader terbanyak terlibat korupsi. Menurutnya, selama ini sudah banyak pihak yang membuat analisis soal partai-partai dengan kader yang terlibat korupsi.

"Kalau untuk penanganan perkara tentu fokus KPK adalah perbuatannya dan kasusnya. Jadi bukan dari mana dia berasal. Kalau masyarakat kemudian lakukan analisis partai A lebih banyak dari B itu silahkan saja," jelas Febri seperti dikutip dari detik.com.

Dia juga menyampaikan bahwa KPK sudah mengumumkan soal urutan kepatuhan pelaporan LHKPN dari tiap fraksi di DPR. Selain itu, Febri juga menyoroti soal korupsi di sektor politik yang masih tinggi.

"Kondisi korupsi politik di Indonesia sangat mengkhawatirkan. DPR ada 69 orang, DPRD kemarin ada tambahan di Lampung Tengah, berarti ada 195 orang, kepala daerah juga cukup banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Gerindra meminta KPK mengumumkan partai politik yang kadernya paling banyak terlibat korupsi. Alasannya agar masyarakat mengetahui mana parpol yang komitmen terhadap pemberantasan korupsi. 

Tags : KPK , Kasus Korupsi , Partai Politik