Cucun: Jangan Percaya dengan Informasi yang Memecah Belah Bangsa

| Rabu, 27/02/2019 20:48 WIB
Cucun: Jangan Percaya dengan Informasi yang Memecah Belah Bangsa Anggota MPR RI dari Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal (paling kiri) menghadiri kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di Ponpes Miftahul Ulum Bangunsina, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (27/2). (Foto: radarbangsa/m isa)

CIAMIS, RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam menerima informasi dan menyebarkan informasi kepada orang lain. Jangan sampai informasi tersebut, lanjutnya, berisi fitnah dan dampaknya bisa memecah belah persatuan.

"Indonesia dalam ancaman yang besar kalau informasi yang masuk ditelan mentah-mentah. Seharusnya tabayyun (mencari kebenarannya) lebih dahulu," kata Cucun dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bangunsina, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu, 27 Februari 2019.

Karena itu, lanjutnya, masyarakat harus mampu menjaga keutuhan bangsa, caranya dengan memahami nilai-nilai dari empat konsesus kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan negara, yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal ika, NKRI dan UUD 1945. "Maka dari itu pentingnya empat konsesus ini kita pahami untuk menjaga keutuhan bangsa," tegasnya.

Selain itu, Cucun juga meminta masyarakat agar tidak mudah mempercayai informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya, termasuk soal pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang sedang dibahas di DPR RI. Untuk itu, empat konsesus tadi sangat penting agar keutuhan berbangsa dan bernegara tetap terjaga dengan baik.

"Empat konsesus inilah yang menjadi perekat persatuan Indonesia. Pancasila menyatukan keberagaman di negara ini dengan berbagai latar belakang," ucapnya.

Diketahui, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar ini juga dihadiri oleh wakil ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan diikuti oleh ratusan masyarakat Ciamis.

Tags : Cucun Ahmad Syamsurijal , MPR RI , Sosialisasi 4 Pilar

Berita Terkait