Nihayatul Wafiroh Ingatkan Amanat UUD Tentang Pendidikan Anak

| Kamis, 21/03/2019 14:53 WIB
Nihayatul Wafiroh Ingatkan Amanat UUD Tentang Pendidikan Anak Anggota MPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh memaparkan pentingnya pendidikan anak di depan ratusan Muslimat Banyuwangi (dok Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh mengingatkan pentingnya pendidikan bagi anak untuk masa depan gemilang generasi muda Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Nihayah saat mengisi sosialisasi 4 pilar kebangsaan di depan 150 Anggota Muslimat NU di Hotel Surya, Banyuwangi, Rabu 20 Maret 2019.

Nihayah mengatakan, saat ini anak-anak bebas bermain tanpa ada sensor. Misalnya, permainan game online yang sangat marak. Fakta tersebut memerlukan peran orang tua untuk betul-betul mengawasi pendidikan anak. 

“Anak ini merupakan titipan Allah SWT yang tidak boleh disia-siakan. Sebagai generasi bangsa, kita harus memperhatikan pendidikan mereka," kata Nihayah.

Legislator asal Blokagung, Banyuwangi ini menegaskan anak adalah aset bangsa. Mereka merupakan generasi penerus pemimpin baik tingkat lokal maupun internasional. 

“Untuk itu tumbuhkembangnya anak harus diperhatikan serta dilindungi dan tidak ada diskriminasi,” tegas dia.

Nihayah tak menampik jika pemberdayaan sumberdaya manusia melalui pendidikan patut diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pendidikan bukan sekedar merupakan kewajiban sebagaimana wacana yang didengungkan oleh pemerintah, tetapi ia seharusnya adalah hak yang harus diberikan oleh negara kepada rakyatnya.

Keadilan dalam mengeyam pendidikan menjadi semakin mendesak mengingat keadilan menjadi tema sentral dalam kelima butir Pancasila yang adalah dasar Negara Indonesia.

“Muqadimah UUD 1945 dengan jelas menulis bahwa salah satu tujuan berdirinya bangsa Indonesia adalah untuk mencerdasakan anak-anak bangsa,” terang dia disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Pancasila , Pendidikan

Berita Terkait