Ramahnya Menaker Saat Berkunjung ke Pabrik Sepatu di Tangerang

| Selasa, 30/04/2019 17:19 WIB
Ramahnya Menaker Saat Berkunjung ke Pabrik Sepatu di Tangerang Menaker Hanif berfoto bersama dengan karyawan PT KMK Global Sport Tangerang (foto: @kemnakerri)

TANGERANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengunjungi pabrik sepatu PT KMK Global Spors di Talagasari, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Selasa 30 April 2019.

Dalam kesempatan ini, Menaker Hanif terlihat berbaur bersama buruh perusahaan tersebut. Bahkan tak sedikit buruh berswafoto dengan orang nomor satu di Kementerian Ketenagakerjaan itu.

Menaker Hanif juga tak segan-segan meminta dan mendengarkan masukan-masukan dari rekan-rekan buruh. Setelah mendengar masukan dari para buruh, Hanif berpesan agar menyiapkan kompetensi untuk mengadapi zaman yang serba digital.

”Dunia menjadi sangat fleksibel. Namun, ekosistem ketenagakerjaan kita sangat kaku. Cari pekerja skills tidak mudah, proses PHK begitu panjang dan berbelit, sifat hubungan kerjanya masih berdasar power relation, dan Jam kerja juga kaku,” kata Hanif Dhakiri.

Menurut Hanif, jam kerja yang kaku ini menjadi salah satu penyebab rendahnya partisipasi pekerja perempuan di dunia kerja. “Hal-hal semacam ini yang ke depan perlu kita diskusikan bersama stakeholder ketenagakerjaan untuk memastikan eskosistem ketenagakerjaan yang kaku menjadi lebih fleksibel,” katanya.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,

Berita Terkait