Program Berjalan dengan Baik, Komisi IX DPR RI Apresiasi BLK Bali

| Senin, 06/05/2019 22:11 WIB
Program Berjalan dengan Baik, Komisi IX DPR RI Apresiasi BLK Bali Kemnaker dan Komisi IX DPR Tinjau BLKIP Bali (foto: @kemnakerRI)

BALI, RADARBANGSA.COM - Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi IX DPR RI mengapresiasi Balai Latihan Kerja (BLK) Bali, karena memiliki program yang berjalan dengan baik.

“Dunia kerja saat ini membutuhkan tenaga profesional yang mampu mengikuti perkembangan dengan teknologi yang ada. Untuk itu peralatan dan teknologi harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan permintaan pasar agar tidak ketinggalan," ujar Anggota Komisi IX DPR RI Julianus Pote Leba dikutip dari laman dprgoid, Senin 6 Mei 2019. 

Menurut Julianus, selain teknologi, faktor kurikulum dan Sumber Daya Manusia (SDM) di BLK pun perlu mendapatkan pelatihan, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. 

Data Kementerian Ketenagakerjaan menyebutkan BLK milik pemerintah berjumlah 514, sedangkan swasta jumlahnya lebih sedikit hanya 58. Di tingkat nasional, Kemenaker akan membangun 1.000 BLK Komunitas pada tahun 2019. Pembangunan BLK ditujukan antara lain untuk memaksimalkan bonus demografi pada 2025 hingga 2030.

Anggaran dalam pembentukan 1.000 BLK Komunitas ini sebesar Rp 1 triliun, sehingga setiap lembaga atau komunitas yang melakukan perjanjian kerja sama dengan pemerintah mendapatkan dana sebesar Rp 1 miliar.

Tags : BLK Bali , Kemnaker , DPR RI ,

Berita Terkait