Tingkatkan Kerjasama PMI dan Tuntaskan Kasus Adelina, Menaker Kunker ke Malaysia

| Jum'at, 10/05/2019 22:28 WIB
Tingkatkan Kerjasama PMI dan Tuntaskan Kasus Adelina, Menaker Kunker ke Malaysia Menaker Hanif Dhakiri melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung Malaysia untuk membicarakan kasus Adelina Lisao, Jumat (10/5). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri melakukan lawatan ke Kuala Lumpur, Malaysia dalam rangka meningkatkan kerjasama perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), termasuk penguatan cakupan perlindungan jaminan sosial bagi PMI.

Dalam lawatannya Menaker juga menemui Jaksa Agung Malaysia untuk membicarakan kasus Adelina Lisao. Pertemuan terbatas itu melibatkan peran aktif dari Presiden Diaspora Indonesia di Malaysia, Datuk Sri Khairul. Menaker mengapresiasi Kejaksaan Agung Malaysia yang berjanji akan mempercepat pengajuan banding atas putusan pengadilan Adelina sebagaimana yang disampaikan Menaker Hanif.

Sebagaimana diketahui, Adelina Lisao adalah PMI asal Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Ia meninggal dunia di Hospital Bukit Mertajam pada 11/02/2018 karena dianiaya majikannya, Ambika.

Tak hanya menganiaya, majikannya juga tega membiarkan Adelina tidur di teras bersama anjingnya hingga beberapa hari. Berita kematian pun Adelina sempat menjadi pemberitaan media internasional.

Atas kasus tersebut, Pemerintah Indonesia telah mendesak Pengadilan Malaysia memberikan hukuman setimpal kepada pelaku. Namun, kabar mengejutkan justru tersiar kabar 18 April 2019 Pengadilan Tinggi Pulau Penang ternyata memutus bebas Ambika.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia berkomitmen akan terus mengupayakan banding kasus Adelina melalui persidangan banding yang diajukan Kejaksaan Agung Malaysia. Melalui langkah tersebut, diharapkan majelis hakim memberikan putusan yang seadil-adilnya atas kasus Adelina. 

Tags : Menaker , Hanif Dhakiri , Malaysia , PMI , Adelina Lisao

Berita Terkait