Senin, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri

| Rabu, 29/05/2019 22:26 WIB
Senin, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri Menko PMK Puan Maharani, Menag Lukman Hakim dan Menkes Nila Moeloek rapat bahas persiapan haji di Mekkah (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimas Islam akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) Idul Fitri 1440H.

Sidang isbat awal Syawal 1440H/ 2019M ini akan digelar pada Senin, 3 Juni 2019 mendatang di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta Pusat.

“Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440H,” kata Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin di Jakarta, Rabu 29 Mei 2019.

Menurut Amin, sidang isbat akan dihadiri para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah,” jelas Amin.

 

Usai sidang, Menteri Agama akan menggelar konferensi pers mengenai hasil sidang isbat, yaitu Penetapan Pemerintah tentang Idul Fitri 1 Syawal 1440H/2019M.

Tags : Idul Fitri ,