Proyek Underpass Kentungan Alami Kecelekaan, Ini Kata Sri Sultan Hamengkubuwono X

| Kamis, 25/07/2019 18:48 WIB
Proyek Underpass Kentungan Alami Kecelekaan, Ini Kata Sri Sultan Hamengkubuwono X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X (doc. Istimewa)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X mengatakan bahwa longsornya proyek Underpass kentungan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas pada Selasa, 23 Juli 2019, tidak boleh terulang lagi di kemudian hari.  
“Tidak boleh ada lagi, itu pertama dan terakhir,” kata Sultan HB X, Kamis, 25 Juli 2019.

Ditanya soal penyebab kecelakaan itu, Sri Sultan HB X tidak banyak penjelasan. Ia mengatakan bahwa proyek yang terletak di jalan Ringroad Utar itu, dibiayai oleh pemerintah pusat.

“Itu urusan pusat, saya tidak tahu. Apa karena rambu kurang atau faktor lain,” paparnya.

Sementara Kepala Divisi Operasi PT Istaka Karya, Wirawan, selaku pelaksana proyek Kentungan mengatakan penyebab dua kendaraan terguling di proyek underpass ini karena tanah ambrol. Hal ini memicu dua kendaraan truk bermuatan kayu dan sebuah Toyota Land Rover milik warga Australia terguling.

“Mungkin karena overload, tanah ambrol yang menyebabkan kendaraan terguling,” ucap Wirawan.

Wirawan juga menjelaskan bahwa jalan yang ada di samping proyek, sebenarnya tidak boleh dilintasi oleh kendaraan besar, namun masih ada yang melintas meski sudah dipasang rambu larangan truk dan bus tidak boleh melintas.

 

 

Tags : Sri Sultan HB X , Yogyakarta , Underpass

Berita Terkait