Keterbukaan Informasi Publik Jadi Aspek Penting Pelaksanaan Demokrasi.

| Senin, 29/07/2019 20:15 WIB
Keterbukaan Informasi Publik Jadi Aspek Penting Pelaksanaan Demokrasi. Menkeu Sri Mulyani Indrawati menghadiri acara Seminar Keterbukaan Informasi Publik Kemenkeu Tahun 2019, (foto: kemenkeugoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri acara Seminar Keterbukaan Informasi Publik Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tahun 2019 di Aula Gedung Djuanda Kemenkeu, Jakarta, Senin 29 Juli 2019.

Dalam kesempatan itu, Menkeu Sri Mulyani mengatakan, keterbukaan informasi publik menjadi aspek penting dalam pelaksanaan demokrasi. Hal ini diwujudkan melalui pemenuhan hak setiap orang atas informasi publik, seperti tertuang pada UUD Tahun 1945 pasal 28F.

“Ini adalah bagian dari tanggung jawab dan sekaligus akuntabilitas kita,” kata Sri Mulyani dikutip dari laman kemenkeugoid.

Acara yang dibalut tema ‘Era Keterbukaan Informasi, Apakah Semua Informasi Harus Dibuka?’, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa keterbukaan informasi merupakan apa yang disebut pondasi tata kelola yang baik, good governance keterbukaan transparansi informasi yang akurat, kredibel dan detail.

“Transparansi informasi publik mengenai kinerja pemerintah memberikan dampak positif, baik bagi Pemerintah maupun masyarakat,” tambahnya.

Perempuan yang sering disapa Ani itu menuturkan, transparansi informasi publik mengenai keuangan negara dan kinerja keuangan negara itu merupakan amanat baik Undang-Undang Dasar maupun undang-undang keuangan negara dan undang-undang mengenai keterbukaan informasi.

“Kami juga yakin bahwa keterbukaan informasi akan memberikan dampak positif bagi pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

Tags : Menkeu Sri Mulyani ,

Berita Terkait