PCNU Solo Imbau Nahdliyin Tak Ikut Parade Ukhuwah, Ini Alasannya

| Jum'at, 30/08/2019 21:26 WIB
PCNU Solo Imbau Nahdliyin Tak Ikut Parade Ukhuwah, Ini Alasannya Logo Nahdlatul Ulama (dok PBNU)

SOLO, RADARBANGSA.COM - Parade Ukhuwah 2019/1441 H yang dikabarkan menghadirkan Ustaz Felix Siauw di Kota Solo memantik imbauan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo bagi nahdliyin untuk tidak turut serta.

Kabar yang diterima redaksi parade ukhuwah yang berisi longmarch dan tablig akbar dan diadakan oleh Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) akan berlangsung pada Minggu, 1 September 2019 pagi.

Imbauan PCNU tersebut viral di media sosial yang intinya meminta warga NU tidak mendukung dan tidak mengikuti acara bertajuk `Merdeka dengan Semangat Persatuan, Hijrah dan Tauhid` itu.

Salah satu alasan imbauan tersebut adalah adanya gambar pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari di poster acara, padahal panitia penyelenggara tidak pernah koordinasi dengan PCNU.

Selain itu, ajakan penyelenggara bagi peserta untuk membawa bendera tauhid yang memiliki kaitan dengan HTI juga menjadi salah satu poin yang disoroti PCNU.

Ketua PCNU Solo, Mashuri mengakui telah mengeluarkan surat tersebut. Hanya saja, surat itu sedianya hanya untuk konsumsi internal PCNU dan Nahdliyin saja. "Surat itu kan untuk internal warga NU saja," katanya saat dihubungi awak media, Jumat 30 Agustus 2019.

Dia mengaku mendapat banyak tanggapan dari pihak lain terkait surat tersebut, termasuk dari penyelenggara yang memberikan klarifikasi mengenai pemuatan foto Hasyim Asyari. "Kami sendiri tidak meminta klarifikasi, kami hanya memberikan imbauan kepada warga kami," katanya.

Tags : NU , Solo , Parade Ukhuwah , HTI