Pansel Umumkan 10 Nama yang Lolos Seleksi Akhir Calon Pimpinan KPK

| Senin, 02/09/2019 21:51 WIB
Pansel Umumkan 10 Nama yang Lolos Seleksi Akhir Calon Pimpinan KPK Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (PAnsel Capim KPK) menggelar konferensi pers usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (2/9) sore. (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) akhirnya mengumumkan 10 nama yang dinilai lolos seleksi tahap akhir, yaitu Wawancara dan Uji Publik. Nama-nama ini telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 September 2019 sore.

Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Garnasih, dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta mengemukakan, komposisi kesepuluh Capim KPK yang lolos seleksi tahap akhir terdiri atas 1 orang KPK, 1 orang polisi, 1 orang jaksa, 1 orang auditor, 1 orang advocat, 2 orang dosen, 1 hakim, dan 2 PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Baca Juga: Peserta Seleksi Capim KPK Tersisa 40 Orang, Ini Daftarnya

Kesepuluh nama Capim KPK yang lolos seleksi tahap akhir itu adalah:

1. Alexander Marwata, Komisioner KPK;
2. Firli Bahuri, Anggota Polri;
3. I Nyoman Wara, Auditor BPK;
4. Johanis Tanak, Jaksa;
5. Lili Pintauli Siregar, Advokat;
6. Luthfi K. Jayadi, Dosen;
7. Nawawi Pamolango, Hakim;
8. Nurul Ghufron, Dosen;
9. Roby Arya Brata, PNS Sekretariat Kabinet; dan
10.Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan.

Ketua Capim KPK Yenti Garnasih mengatakan, sebagai kepanjangan tangan, Pansel telah menyerahkan ke-10 nama itu langsung kepada Presiden.

“Presiden menyampaikan bahwa Presiden mengikuti semua tahap demi tahap. Presiden tahu semuanya, mengikuti semuanya. Dan kemudian tidak ada sinyal kapan Presiden akan menyerahkan. Memang itu menjadi kewenangan Presiden dan kami juga tidak menanyakan,” kata Yenti menjawab wartawan. 

Tags : Pansel , Capim KPK , Jokowi

Berita Terkait