Ahli Perubahan Iklim Bentuk Asian Climate Experts untuk Perkuat Aksi Iklim Asia

| Kamis, 05/09/2019 20:44 WIB
Ahli Perubahan Iklim Bentuk Asian Climate Experts untuk Perkuat Aksi Iklim Asia Ahli perubahan iklim Asia (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Diperlukan penguatan peran akademisi dan peneliti serta kolaborasinya dengan pemangku kepentingan untuk menghadapi dekade penting di depan.

Oleh karena itu, para ahli iklim di wilayah Asia seperti Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietam sepakat membentuk Asian Climate Experts atau ACE, untuk secara kolektif mempercepat upaya aksi iklim di wilayah Asia.

"kita memerlukan jaringan untuk memperkuat kerjasama karena ini adalah faktor kunci dalam meningkatkan kapasitas dan meningkatkan ketahanan bersama," kata Ketua Jaringan Ahli Perubahan Iklim dan Kehutanan Indonesia (APIK Indonesia Network) dalam rilisnya yang diterima radarbangsa, Kamis 5 Agustus 2019.

Untuk diketahui, para ilmuan iklim melakukan pertemuan di acara Asia Pasific Climate Week yang diselenggarakan oleh UNFCCC, Bangkok, Thailand. Pertemuan dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2019. Hasil pertemuan APWC akan menjadi bahan penting Climate Action Summit di New York pada 23 September dan COP 25 di Chili yang akan dilaksanakan bulan Desember 2019.

Pada kesempatan tersebut, Sabarrudin dari Universitas Sriwijaya yang juga Wakil Ketua Umum APIK Indonesia Network menyatakan pembentukan ACE yang merupakan jejaring ahli iklim di Asia akan memperkuat produksi dan implementasi ilmu pengetahuan dalam menghadapi perubahan iklim di wilayah regional. Selain itu juga akan memberikan dukungan posisi negara di Asia dalam upaya pengendalian iklim global.

Sedangkan Gusti Anshari, dari Universitas Tanjungpura, salah satu Author Indonesia untuk Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang berfungsi untuk memberikan kontribusi ilmiah pada aksi iklim, menekankan adanya kesamaan isu antar negara, antara lain seperti isu biodiversity.

 

Tags : Perubahan Iklim ,

Berita Terkait