Menteri Eko Sandjojo Buka Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional di Bengkulu

| Senin, 23/09/2019 19:25 WIB
Menteri Eko Sandjojo Buka Pameran Teknologi Tepat Guna Nasional di Bengkulu Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa PDTT). (Dok Kemendesa)

BENGKULU, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo membuka Gelaran atau event Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XXI tahun 2019 yang dipusatkan di Sport Center Bengkulu, Minggu 22 September 2019.

Diketahui, TTGN XXI yang digelar di Bengkulu ini mengambil tema melalui gelar TTGN, kita tingkatkan inovasi teknologi perdesaan menyongsong industri 4.0.

Dari tema tersebut, Menteri Eko Sandjojo, pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menuturkan bahwa diera revolusi industri 4.0 ini merupakan eranya teknologi yang tujuannya untuk mempermudah proses produksi ama manufakturing.

"Nah dengan adanya teknologi 4.0 ini diharapkan nantinya dapat membantu masyarakat terkait hal-hal yang tadinya sulit atau susah dijalankan oleh masyarakat atau yang pendidikannya mungkin masih kurang," kata Menteri Eko Sandjojo.

Teknologi yang membantu, lanjut Eko, misalnya adalah aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang tujuannya agar aparat pemerintah desa mendapatkan kemudahan saat melakukan proses pengelolaan keuangan, serta dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.

"Contohnya sistem siskeudes, yang tadinya pelaporannya susah, dengan adanya sistem siskeudes ini, banyak kades yang tidak sekolahpun sudah bisa membuat laporan keuangan negara. Jadi, kita berharap bagaimana penggiat-penggiat 4.0 ini dapat membantu membuat aplikasi, sehingga masyarakat yang tidak siap dapat menjadi siap dan merasakan manfaat dengan teknologi 4.0," katanya.

Tags : Dana Desa , Mendes PDTT Eko Sandjojo , SDM ,

Berita Terkait