Gempa Mengguncang Maluku, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Cita

| Jum'at, 27/09/2019 17:46 WIB
Gempa Mengguncang Maluku, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Cita Gempa di Provinsi Maluku meruntuhkan sebuah bangunan tempat tinggal warga. (Dok BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan duka cita atas korban meninggal dunia atas terjadinya gempa bumi dengan kekuatan magnitude 6,5 Skala Richter (SR) yang mengguncang kawasan Ambon, Maluku, Kamis, 26 September 2019, pukul 21.53 WIT.

Presiden menyebutkan seperti dikutip dari data BNPB, sejauh ini korban meninggal dunia sebanyak 23 orang, lebih seratus yang luka-luka, dan ribuan warga mengungsi. Selain itu, ratusan rumah dan sejumlah infrastruktur publik mengalami kerusakan termasuk beberapa bangunan kampus Universitas Pattimura dan IAIN Ambon.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di Maluku dan sekitarnya,” kata Presiden Jokowi melalui fan page facebooknya, Jumat, 27 September 2019.

Baca Juga: Gempa Maluku, 23 Orang Meninggal Dunia

Presiden Jokowi mengaku sudah memerintahkan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Polri, dan Menteri Sosial untuk bergerak ke lapangan di tempat terjadinya gempa, untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Ambon.

“Bantuan juga sudah saya perintahkan segera dikirimkan. Bantuan berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan juga sudah mulai dikirimkan,” jelas Presiden usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Baiturrahman, komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 27 September 2019 siang.

Baca Juga: 2 Mahasiswa Meninggal Saat Demontrasi, Presiden Jokowi Minta Investigasi

Presiden meminta kepada Menteri Sosial untuk memberikan santunan. Sementara untuk korban yang luka-luka perawatannya akan ditanggung oleh pemerintah. Terkait kerusahan fisik akibat gempa ini, menurut Presiden, masih dilakukan pendataan secara detail. Tapi berdasarkan laporan terakhir yang diterimanya kemarin, menurut Presiden Jokowi, kira-kira 100-an lebih sedikit yang rusak.

“Mohon doa dari seluruh Tanah Air untuk keselamatan saudara-saudara kita di lokasi bencana,” pungkas Kepala Negara melalui fan page facebooknya.

Tags : Jokowi , Gempa Maluku , Duka Cita