Hari Ini, Rapat Paripurna Bakal Pilih Ketua MPR RI

| Rabu, 02/10/2019 10:01 WIB
Hari Ini, Rapat Paripurna Bakal Pilih Ketua MPR RI Suasana pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR di gedung Kura-kura, Senayan, Jakarta (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemilihan Ketua MPR RI bakal digelar hari ini, Rabu 2 Oktober 2019.Wakil Ketua MPR sementara Hillary Brigitta Lasut berujar, pemilihan tersebut akan digelar dalam rapat paripurna sekaligus pembahasan struktur fraksi-fraksi.

“Rapat paripurna untuk pemilihan pimpinan MPR, dan struktur-struktur yang ada di fraksi, sehingga yang tadi karena sifatnya baru konsultasi, kalau masih ada perubahan masih akan dijadwalkan untuk besok hari," katanya usai rapat konsultasi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Berbeda dengan kursi pimpinan DPR, berdasarkan hasil revisi UU MD3 terbaru, kursi pimpinan MPR ditetapkan berjumlah 10 kursi. Jumlah tersebut terdiri dari sembilan kursi bagi fraksi partai politik dan satu kursi dari unsur DPD.

Jumlah pimpinan ini bertambah dua kursi dibandingkan periode sebelumnya sebagai bagian dari negosiasi politik parpol-parpol di DPR lewat perubahan UU MD3.

Peta politik pun ramai dipebincangkan, terlebih sejumlah parpol sudah mengajukan nama-nama yang bakal menduduki kursi pimpinan MPR.

Partai Golkar dikabarkan sudah bulat mengutus Bambang Soesatyo untuk menjadi Ketua MPR. Pun demikian Partai Gerindra yang telah menetapkan Ahmad Muzani untuk bersaing dengan Bamsoet.

Tags : DPR , MPR , Paripurna