Pengecoran Box Traffic Gagal, Proyek Tol Desari Disetop Sementara

| Kamis, 10/10/2019 09:41 WIB
Pengecoran Box Traffic Gagal, Proyek Tol Desari Disetop Sementara Petugas BPJT meninjau lokasi penurunan baseform sisi barat pada saat pengecoran Top Slab Box Trafic Ramp 8 Krukut Junction di Tol Desari (foto: pugoid)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelidiki insiden penurunan baseform sisi barat pada saat pengecoran Top Slab Box Trafic Ramp 8 Krukut Junction di Tol Depok – Antasari (Desari) di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat yang terjadi pada Selasa, 8 Oktober 2019 pukul 01.42 WIB dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Peristiwa ini terjadi saat dilakukan pekerjaan pengecoran dengan total volume sebesar 792 m3 dari sisi timur dan sisi barat. Pada saat pengecoran tersisa sekitar 180 m3 terjadi penurunan baseform pada sisi Barat.

Dilansir dari laman pu.go.id, Kementerian PUPR melalui  Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah meninjau lokasi kejadian dan telah meminta PT. Citra Waspphutowa (CW) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk untuk menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5/PRT/M/2014 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum.

BPJT akan lebih mengaktifkan konsultan PMI (Pengendali Mutu Independen) untuk memastikan kepatuhan badan usaha dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Kementerian PUPR menginstruksikan Pimpinan Proyek PT. CW Tol Desari untuk menghentikan sementara kegiatan pengecoran dan mensterilisasi area pekerjaan.

Tim Komite Keselamatan Konstruksi (K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) juga telah melakukan investigasi di lapangan dan menginstruksikan untuk menghentikan kegiatan pengecoran box traffic.

Pekerjaan dapat dilanjutkan setelah revisi desain shoring/perancah untuk Ramp 8 dan desain perkuatan shoring/perancah untuk Ramp 5 diserahkan, diperiksa, dan disetujui oleh Komite Keselamatan Konstruksi.

Tags : Jalan Tol , PUPR , Tol Desari