Anggia Ermarini Wakili PKB Hadiri Eksekutif Meeting CDI di Roma

| Sabtu, 12/10/2019 23:14 WIB
Anggia Ermarini Wakili PKB Hadiri Eksekutif Meeting CDI di Roma Wasekjen DPP PKB, Anggia Ermarini (tengah) berswafoto bersama perwakilan political party CDI di sela eksekutif meeting di Roma, Italia (foto IG @anggiaermarini)

ROMA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghadiri eksekutif meeting Centrist Democrat International (CDI) se- dunia di Roma, Italia pada 10-11 Oktober 2019. Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin mengutus Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB, Anggia Ermarini untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Menurut Anggia, eksekutif meeting CDI kali ini menghasilkan sejumlah kesepakatan sekaligus yang menentukan beberapa resolusi yang diusulkan oleh anggota CDI, termasuk PKB.

“Pada pertemuan dua hari ini, CDI mengusulkan tentang etik dan values. Bulan lalu di April PKB sudah mengusulkan resolusi tentang human righ, nah sekarang tentang etik dan values,” kata Anggia kepada Radarbangsa, Sabtu 12 Oktober 2019.

Sejumlah Anggota CDI, kata Anggia, turut mengusulkan resolusi. Namun tak semuanya bisa disepakati. “Ada 6 political party yang mengusulkan resolusi, salah satunya PKB yang sudah disepakati. Ada juga yang belum disepakati, tapi alhamdulillah PKB disepakati,” terang dia.

Selain resolusi, eksekutif meeting CDI kali ini juga membahas soal membership. Dalam konteks ini, kata Anggia, PKB sudah diakui masuk dalam eksekutif meeting dan turut aktif mendiskusikan isu-isu politik terkini di dunia.

“Venezuela dan Bangladesh jadi isu terhangat dimana pimpinan partai politiknya bermasalah dengan penguasa. Mereka minta tolong CDI untuk membantu advokasi,” kata dia.

CDI juga melaunching Youth Unit of CDI, sebuah badan yang khusus menaungi minat politik kaum muda. Anggia berujar, PKB turut aktif dan terlibat dalam pembentukan statuta Yout Unit of CDI tersebut.

“Kita akan terlibat membuat statuta bagaimana itu akan bekerja. Menarik sekali karena biasanya anak muda malas sekali masuk politik, tapi kemarin banyak anak-anak muda dari berbagai negara yang ingin bergabung dalam CDI,” kata Ketua Umum PP Fatayat NU ini.

Isu tentang perempuan juga tak luput dari pembahasan dalam eksekutif meeting CDI kali ini. Akan tetapi, kata Anggia, pembentukan organisasi perempuan masih dalam tahap inisiatif. “Tapi ini masih sangat baru, jadi masih dibentuk pokja untuk selanjutnya bisa diimplementasikan,” jelasnya.

Anggia menambahkan CDI juga membuka sharing tentang politik di dunia, terutama di Eropa dan Amerika Latin. “Asia belum banyak menjadi perhatian, tapi PKB memberikan inside bisa lebih berkembang dan menjadi bagian dari kelompok moderat ini,” pungkas Anggia.

Tags : PKB , CDI , Anggia Ermarini