Atasi Perlambatan Ekonomi, PKB Minta Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan

| Kamis, 17/10/2019 15:23 WIB
Atasi Perlambatan Ekonomi, PKB Minta Pemerintah Siapkan Paket Kebijakan Ketua Bidang Ekonomi dan Perbankan, DPP PKB Fathan Subchi (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta kepada pemerintah agar mempersiapkan paket kebijakan ekonomi untuk mengatasi keterlambatan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik sepanjang 2020-2021.

“Bank Dunia telah memberikan warning terkait perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok. Pemerintah harus menyikapi serius untuk meminimalisir dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air,” kata Ketua Bidang Ekonomi dan Perbankan DPP PKB, Fathan Subchi di Komplek Senayan, Jakarta, Rabu 16 Oktober 2019.

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan hanya berkisar 5,8 persen. Bahkan pelemahan ekonomi juga akan berlanjut hingga 2021 yang pertumbuhannya berkisar antara 5,7 dan 5,6 persen. Hal ini sebagaimana analisis dari Bank Dunia.

“Ancaman resesi di depan mata, namun sejauh ini belum ada Langkah nyata yang diambil pemerintah untuk mengantisipasi tersebut,” kata Fathan.

Fathan menjelaskan bahwa upaya perubahan regulasi yang familiar dengan investasi akan memperbesar potensi gerak ekonomi, “Terjaganya iklim investasi dan perdagangan maka produktivitas akan terjaga dengan baik sehingga ekonomi Indonesia tetap tumbuh,” katanya.

Tags : PKB , Perlamatan Ekonomi , Bank Dunia , Pemerintah