Ritual Ki Sabdo Undang Jin ke DPR, Gus Nur: Cari Sensasi

| Sabtu, 19/10/2019 20:38 WIB
Ritual Ki Sabdo Undang Jin ke DPR, Gus Nur: Cari Sensasi Kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Nur Fathuddin (foto Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebuah video yang menunjukkan seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI viral di media sosial.

Ki Sabdo mengaku tengah melakukan mengamankan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, dengan memanggil bangsa jin.

Dalam video tersebut, Ki Sabdo tengah melakukan ritual di gedung Nusantara V,  Komplek gedung DPR/MPR Senayan Jakarta.

Ia mengaku tengah mengamankan prosesi oelantikan dengan mengundang semua bangsa lelembut.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Menanggapi hal itu, kiai muda Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Nur Fathuddin menganggap aksi Ki Sabdo sah saja dilakukan.

“Cari sensasi saja orang itu, tapi sah-sah saja,” ungkapnya.

Gus Nur yang juga Rois Ghusniayyah Jatman (Jam’iyyah Ahllit Thoriqoh Al Mu’tabaroh An-Nahdliyah) Kecamatan Sukmajaya kota Depok menilai banyak cara yang bisa dilakukan Ki Sabdo tanpa harus menggelar ritual di gedung DPR.

“Kalaupun benar, sebenarnya cara menggundang dan mengusir hal seperti itu bisa dilakukan tanpa harus ke lokasi. Mungkin orang tersebut pengen terkenal saja,” pungkasnya.

Tags : Jokowi , DPR , Ki Sabdo , Gus Nur