Diumumkan Besok, Mayoritas Menteri Jokowi Wajah Baru

| Minggu, 20/10/2019 16:46 WIB
Diumumkan Besok, Mayoritas Menteri Jokowi Wajah Baru Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi dilantik bersama wakil Presiden RI KH Ma`ruf Amin untuk memimpin Indonesia periode 2019-2024. Usai dilantik, Jokowi mengaku akan secepat mungkin mengumumkan calon menteri untuk membantunya menjalankan pemerintahan.

"Sudah. Sudah rampung (Kabinet). Sudah selesai. Nanti, besok pagilah. Nanti saya kenalkan besok pagi," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Baca Juga: Sah! Jokowi dan Ma`ruf Amin Jadi Presiden dan Wapres RI Periode 2019-2024

Jokowi berjanji akan memperkenalkan para pembantunya sebelum Wakil Presiden Kiai Ma`ruf terbang ke Jepang. Kiai Ma`ruf dijadwalkan akan menghadiri Penobatan Kaisar Naruhito dalam kunjungan tersebut.

"Besok pagi saya kenalkan. Nanti sorenya Pak Kiai Ma`ruf harus ke Jepang penghadiri penobatan kaisar Jepang," terangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memperkirakan sekitar 45% menteri berasal dari partai politik. Jokowi juga sempat mengiyakan bahwa jumlah menteri dari partai mendatang sekitar 16 orang.

"Ya kurang lebih. Saya belum menghitung. Ya kurang lebih," tuturnya.

Baca Juga: Siap Dilantik, Jokowi Tiba di Gedung MPR RI

Selain itu, Jokowi juga menyebut para pembantunya juga banyak diisi wajah baru. Namun, masih ada wajah lama yang dipertahankannya untuk periode mendatang.

"Masih banyak (wajah lama). Tapi yang baru lebih banyak," pungkasnya.

Tags : Jokowi , Maruf Amin , Menteri Kabinet , Partai Politik