Resmi! Presiden Jokowi Lantik Idham Aziz Jadi Kapolri

| Jum'at, 01/11/2019 15:23 WIB
Resmi! Presiden Jokowi Lantik Idham Aziz Jadi Kapolri Resmi! Presiden Jokowi Lantik Idham Aziz Jadi Kapolri (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Idham Aziz menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 1 November 2019. Idham Azis resmi berpangkat bingtang 4 menggantikan Tito Karnavian.

Prosesi pelantikan Idham Azis sebagai Kapolri diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya dilakukan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 97/Polri/2019 pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 1 November 2019.

Setelah itu, Presiden Jokowi membimbing Jenderal Idham Aziz untuk diambil sumpahnya sebagai Kapolri, yang berbunyi:

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi Tri Brata,”

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali serta pejabat lainnya.

Tags : Kapolri Idham Aziz , Presiden Jokowi ,

Berita Terkait