Kemendes PDTT Siapkan Desa Prioritas Atasi Kemiskinan dan Stunting

| Jum'at, 01/11/2019 23:50 WIB
Kemendes PDTT Siapkan Desa Prioritas Atasi Kemiskinan dan Stunting Para menteri melakukan sinergi atasi kemiskinan dan stanting (foto: kemendesagoid)
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejumlah kementerian sepakat untuk bersinergi dan menjadikan penanggulan kemiskinan serta stunting sebagai program di masing-masing kementerian terkait. Kerjasama antar kementerian ini juga akan disinergikan dengan program-program pemerintah daerah.
 
Hal tersebut dikatakan Wakil Presiden, Ma`ruf Amin usai rapat koordinasi dengan sejumlah Menteri yakni Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Kesehatan dr Terawan serta pejabat lainnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 1 November 2019. 
 
"Anggaran sudah cukup besar baik APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) di kementerian/lembaga maupun APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) di pemerintah daerah. Tinggal bagaimana membagi anggaran secara lebih efektif. Kemudian hal-hal paling mendasar terkait data-data kemiskinan yang sudah relatif baik, tinggal disempurnakan," ujar Wapres KH Ma`ruf Amin dalam rilis kemendesa.go.id.
 
Sementara terkait data kemiskinan, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengatakan, akan menyiapkan data-data desa tertinggal yang akan menjadi prioritas penanganan kemiskinan dan stunting. Desa-desa inilah yang nantinya yang akan menjadi sasaran prioritas bagi seluruh kementerian/lembaga terkait.
 
"Kongkretnya kita sepakat bahwa Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menjadi leading sektor dalam penentuan lokasi," ujarnya.
Tags : Kemendes PDTT , Halim Iskandar