Ke Thailand, Presiden Jokowi Hadiri KTT ke-35 ASEAN

| Sabtu, 02/11/2019 18:16 WIB
Ke Thailand, Presiden Jokowi Hadiri KTT ke-35 ASEAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin rapat terbatas dengan Menteri Perekonomian di Kantor Presiden, Rabu (30/10). (Foto: twitter @setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand, Sabtu, 2 November 2019 pagi, dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang digelar pada 2 hingga 4 November 2019.

KTT ke-35 ASEAN yang mengusung tema “Advancing Partnership for Sustainability” hendak memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Baca Juga: Masih Ada Uji Materi di MK, Jokowi Tidak Akan Terbitkan Perppu KPK

Menurut rilis Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok, Presiden Jokowi akan memimpin Delegasi Indonesia pada KTT ASEAN ke-35 dan KTT Terkait Lainnya.

Serangkaian pertemuan yang akan dihadiri oleh Presiden RI antara lain KTT ASEAN ke-35, KTT ASEAN-RRT ke-22, KTT ASEAN-India ke-16, KTT ASEAN-PBB ke-10, ASEAN Plus Three (APT) Leaders’ Interface with East Asia Business Council (EABC), KTT ASEAN Plus Three ke-22, KTT ASEAN-AS ke-7, East Asia Summit ke-14, KTT ASEAN-Jepang ke-22, dan KTT Regional Economic Comprehensive Partnership (RCEP) ke-3. Pertemuan akan dihadiri oleh 10 Kepala Negara/Pemerintahan Negara ASEAN, dan Negara Mitra ASEAN, yaitu Jepang, RRT, Korea Selatan, Amerika Serikat, India, Australia, Russia, dan Selandia Baru, serta PBB, Uni Eropa dan IMF.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan dalam KTT ke-35 ASEAN nanti, Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN.

“Kita harapkan dengan konektivitas yang baik, daya saing dari produk-produk yang diproduksi negara-negara ASEAN menjadi lebih kompetitif,” kata Jokowi saat bertemu dengan wartawan, di Istana Merdeka, Jumat, 1 November 2019 siang.

Baca Juga: Resmi! Presiden Jokowi Lantik Idham Aziz Jadi Kapolri

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang diagendakan akan mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini antara lain, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. 

Tags : Jokowi , KTT ke-35 ASEAN , Thailand