Ingin Masuk Blok Dagang RCEP, Agus Suparmanto: ASEAN Mitra Penting Bagi India

| Senin, 04/11/2019 14:39 WIB
Ingin Masuk Blok Dagang RCEP, Agus Suparmanto: ASEAN Mitra Penting Bagi India Agus Supramanto (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Isu blok dagang atau Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) menjadi pembahasan di KTT ASEAN, Bangkok, Thailand.

Negara-negara ASEAN khususnya berharap ada kemajuan dalam pembahasan dan finalisasi blok dagang ini. Selain negara-negara ASEAN, belakangan yang kabarnya ingin masuk adalah China, Australia, India, Selandia Baru, Korea Selatan dan Jepang.

Menurut Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, India itu penting terkait dengan RCEP sebagaimana pemerintah RRT juga menyatakan pentingnya India bagi finalisasi RCEP.

“Memang kalau kita lihat, RCEP adalah blok terbesar melebihi Uni Eropa (EU). EU itu PDB-nya kira-kira Rp18 triliun, kalau PDB RCEP itu US$27 triliun, sedangkan TPP itu US$11 triliun. Kalau kita lihat trade-nya RCEP itu US$11,5 triliun, EU US$12,5 dan TPP US$5,8 triliun. Kalau kita bicara penduduk, RCEP ini 3,6 miliar jadi tentu jauh lebih besar daripada EU dan PBB. Oleh karena itu, tadi hampir seluruh pemimpin itu mendorong agar perundingan ini bisa difinalisasi,” kata Airlangga.

Sementara Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengemukakan, memang India berkeinginan untuk masuk karena ASEAN merupakan partner yang terpenting bagi India.

“RCEP ini masih berlangsung. Nanti saya juga akan masih berunding lagi dengan menteri-menteri seluruh member RCEP ini,” kata Agus Suparmanto yang juga politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikutip setkabgoid, Senin 4 November 2019.

Tags : KTT ASEAN , India , RCEP