Semangat Patriotisme Nani Wartabone Perlu Diteladani Kaum Muda

| Kamis, 07/11/2019 11:51 WIB
Semangat Patriotisme Nani Wartabone Perlu Diteladani Kaum Muda Monumen patung Pahlawan nasional, Nani Wartabone asal Gorontalo (foto idwikipedia)

GORONTALO, RADARBANGSA.COM - Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim meminta seluruh generasi muda untuk mewarisi dan meneladani semangat jiwa nasionalisme dan militansi perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone. Hal itu diutarakannya pada sarasehan di Banthayo Li Iladiya, Kota Gorontalo, Rabu 6 November 2019.

“Semangat nasionalisme dan patriotisme Nani Wartabone yang pantang menyerah dalam berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia harus diwariska dan diterapkan sedini mungkin kepada generasi muda penerus bangsa,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris mengatakan, jiwa nasionalisme dan militansi yang dimiliki oleh Nani wartabone merupakan perwujudan dari rasa cinta dan kepeduliannya terhadap tanah air terutama masyarakat Gorontalo.

“Dalam diri Nani Wartabone dari kecil hingga dewasa sudah tertanam jiwa nasionalisme. Satu tujuannya, bagaimana Gorontalo dan bangsa Indonesia bebas dari penjajah dan masyarakatnya mandiri serta sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AD Brigjen TNI Asep Syarifudin menjelaskan, penyelenggaraan serahsehan merupakan wahana pembelajaran bagi anggota TNI, Polri, serta segenap elemen bangsa untuk membangun persepsi yg sama dalam menggali dan menghayati semangat jiwa nasionalisme Nani Wartabone.

Asep menambahkan, dalam menyikapi realitas hidup saat ini yang begitu komplek dan dinamis, setiap anak bangsa dituntut menjadi bagian dari sumber daya manusia yang unggul, bermental tangguh, dan berperan serta menghidupkan amanat proklamasi 17 Agustus 1945, yaitu Indonesia yang maju, damai, adil dan sejahtera.

“Nani Wartabone adalah pahlawan nasional yg sangat kita cintai dan banggakan karena telah menghibahkan diri, mencurahkan tenaga, pikiran, jiwa serta raganya demi keselamatan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Kita harus bisa meneladani semangat tersebut untuk Indonesia maju dan sejahtera,” tutup Asep.

Tags : Pahlawan , Patriotisme , Nani Wartabone , Gorontalo

Berita Terkait