Waspada! Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 1,5 KM

| Sabtu, 09/11/2019 08:55 WIB
Waspada! Gunung Merapi Semburkan Awan Panas Sejauh 1,5 KM Gunung Merapi semburkan awan panas sejauh 1,5 km pada Sabtu (9/11) (foto Twitter @BPPTKG)

SLEMAN, RADARBANGSA.COM - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta melaporkan Gunung Merapi terpantau memuntahkan awan panas pada Sabtu, 9 November 2019 pagi.

Dilansir dari laman resmi Twitter @BPPTKG, awan panas Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 65 mm dan meluncur sejauh 1,5 kilometer.

“Terjadi awanpanas letusan Gunung #Merapi pada tanggal 9 November 2019 pukul 06:21 WIB. Awanpanas letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo max. 65 mm dan durasi ± 160 detik. Terpantau kolom letusan setinggi 1.500 m dari puncak condong ke Barat,” tulis @BPPTKG.

BPPTKG menfimbau masyarakat yang berada di radius 3 kilometer dari puncak Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan.

Walaupun mengalami peningkatan aktifitas, BPPTKG memastikan status dari Gunung Merapi masih sama seperti sebelumnya, yaitu berada di level waspada.

“Rekomendasi jarak bahaya 3 km dari puncak. Di luar radius tsb, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik. #statuswaspada sejak 21 Mei 2018,” tutup @BPPTKG.

Tags : Merapi , Gunung , BPPTKG , Yogyakarta

Berita Terkait