Indonesia Gelar Piala Dunia U20 dan MotoGP, Ini Strategi Kadafi untuk Pemerintah

| Senin, 11/11/2019 23:05 WIB
Indonesia Gelar Piala Dunia U20 dan MotoGP, Ini Strategi Kadafi untuk Pemerintah Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Kadafi saat memberikan keterangan pers usai RDP dengan Mendikbud Nadiem Makarim (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Kadafi memberikan masukan kepada Pemerintah khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi X Rabu 6 November 2019 lalu.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Kadafi mengatakan, Indonesia dalam waktu dekat akan menyelenggarakan event olahraga dunia seperti Piala Dunia U-20 dan gelaran seri MotoGP tahun 2021 mendatang. Menurutnya, momen itu harus dijadikan peluang Indonesia dalam mengembangkan pariwisata.

“Kita akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 dan gelaran seri motoGP 2021, mungkin nanti ada masukan, kita juga ingin tahu bahwa dalam gelaran dunia ini, kita bukan hanya titik stresing poin outputnya terselenggaranya kegiatan tersebut, tetapi kita harus melihat bagaimana outcomenya. Karena itu, butuh sinergi antara kementerian dan para pelaku usaha di bidang yang berkaitan,” kata legislator muda PKB asal Dapil Lampung I itu.

Rektor Universtias Malahayati Lampung itu mencontohkan bagaimana negara Qatar dan Malaysia dalam menyiapkan strategi gelaran MotoGP agar negaranya dapat keuntungan dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Kita tahu, salah satu contoh buat suadara Menpora, bagaimana QATAR itu, bagaimana pun nanti ada testing sirkuitnya, kita lihat QATAR itu sengaja membuat testing sirkuit itu dua minggu sebelum seri perdana. Kenapa mereka melakukan itu, karena berharap seluruh peserta MotoGP beserta Crewnya tidak pulang lagi. Nah ini menjadi peluang wisata yang kita miliki bisa kita kembangkan,” jelasnya.

“Kemudian lihat bagaimana cerdasnya Malaysia menarukan seri MotoGP di seri terakhir agar mereka bisa liburan di Malaysia sebelum lanjut ke Eropa untuk seri pamungkasnya. Nah ini strategi-strategi yang dilakukan,” tambahnya lagi.

Tags : Muhammad Kadafi , PKB , MotoGP , Piala Dunia U20

Berita Terkait