Muhammad Kadafi Minta Pemerintah Bikin Terobosan Sejahterakan Para Atlet

| Senin, 11/11/2019 23:22 WIB
Muhammad Kadafi Minta Pemerintah Bikin Terobosan Sejahterakan Para Atlet Komisi X saat menggelar RDP dengan Pemerintah (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Muhammad Kadafi mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kemenpora harus melakukan terobosan dalam dalam memberikan beasiswa kepada para atlet Tanah air.

“Bicara atlet, kita juga harus memikirkan bagaimana nanti masa depannya. Hari ini, kita tahu atlet kita cuma dapat jadi PNS, pendidikannya mereka sedikit tertinggal akhirnya jenjang kepangkatannya sulit sekali dikejar. Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan suatu terobosan bagaimana memberikan beasiswa dan juga sertifikasi khusus agar mereka bisa mengajar di sekolah-sekolah dengan keahlian yang mereka miliki,” kata Muhammad Kadafi saat RDP bersama Menpora di Komisi X DPR RI, Rabu 6 November 2019 lalu.

Menurut legilator PKB asal Dapil Lampung ini, para atlet ke depannya bisa menjadi mentor-mentor di sekolah-sekolah sehingga calon atlet bisa belajar langsung kepadanya, “Nah seperti tadi yang diutarakan Prof Johan,  jadi bisa menjadi mentor kepada atlet-atlet yang nanti calon atlet-atletnya,” tukasnya.

Kemudian, lanjutnya, Pemerintah juga harus memikirkan bagaimana memberikan penghargaan atau reward kepada para atlet yang tidak hanya berupa uang tetapi juga mereka diberikan reward seperti nama jalan bagi atlet-atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

Kadafi mengharapkan, ke depan pemerintah harus mengembangkan industrialisasi bidang olahraga sehingga para atlet mulai dari pelatan olahraga hingga fee dapat dari produknya.

“Hari ini selalu, dari saya kecil kita itu selalu sukses di bulutangkis tetapi industrialisasinya tidak ada di sana. Harusnya atlet kita pakai produk Indonesia. Mulai dari raket, sepatu, teknologinya gak ada, kita cari bagaimana kembangkan, apalagi cuma bikin jersey gak sulit lagi. Jadi apa yang kita dapatkan, selain negara mendapatkan devisa, pemain juga mendapatkan brand fee dari namanya. Jadi tidak hanya dapat tunjangan dia juga dapat brand feenya,” jelasnya.

“Bayangkan saja, sepatu bola CR7 lakunya minta ampun. Nah ini beberapa strategi yang bisa kita kembangkan di dunia olahraga kita,” tambahnya.

Dengan begitu, tutur Kadafi, jangan sampai ke depan, ada atlet yang telah mengharumkan nama bangsa tetapi terlantar di masa senjanya, “Kita tidak lagi mengharapkan masa depan atlet kita terlantar, jangan lagi mereka sudah membawa harum nama bangsa tetapi di usia senjanya menjadi orang yang tidak dihargai ataupun sulit sekali untuk mensejahterakan keluarganya,” tukasnya.

Tags : Muhammad Kadafi , PKB , Kemenpora , Atlet

Berita Terkait