Dinilai Menista Nabi Muhammad, PWNU Jatim Minta Sukmawati Minta Maaf

| Selasa, 19/11/2019 20:06 WIB
Dinilai Menista Nabi Muhammad, PWNU Jatim Minta Sukmawati Minta Maaf KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jawa Timur). (Foto: matamaduranewscom)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar menyayangkan sikap Sukmawati Soekarnoputri yang menyamakan Soekarno dengan Nabi Muhammad. Atas sikapnya ini, Kiai Marzuki meminta Sukmawati segera meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

“Seandainya sudah terlanjur diucapkan, ayo gentle demi negara, akui dan itu kami cabut minta maaf. Gak papa malu sedikit. Korbankan gengsinya,” kata Kiai Marzuki di Surabaya, Selasa 19 November 2019.

Kiai Marzuki menilai tindakan Sukmawati telah menbuat gaduh masyarakat. Sebagai sosok yang begitu familiar di mata publik, lanjut Kiai Marzuki, Sukmawati mampu menahan diri dengan bertindak dan berucap santun.

"Tokoh apapun yang berucap sekiranya itu menimbulkan kegaduhan, ruwet-ruwet, ndak usah diucapkan dan dimunculkan di depan umum," kata Kiai Marzuki.

Namun jika Sukmawati belum juga mencabut ucapannya, Kiai Marzuki meminta aparat penegak hukum untuk tanggap. Misalnya dengan memanggil Sukmawati untuk dimintai keterangan.

"Jika belum mencabut ucapannya, maka besar harapan kami pada aparat, tanggap. Tanggap bukan tangkap, dengan cara dipanggil, ditabayun, dari pada masyarakat bergerak dan menimbulkan gaduh," tukasnya.

Ucapan Sukmawati itu terlontar dalam forum diskusi pada 11 November lalu. Dalam diskusi itu, awalnya, Sukmawati berbicara soal perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda. Kegiatan itu sendiri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Sukmawati kemudian melontarkan pertanyaan kepada forum.

Awalnya Sukmawati berbicara tentang perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda. Kegiatan itu sendiri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Sukmawati kemudian melontarkan pertanyaan kepada forum.

"Sekarang saya mau tanya semua, yang berjuang di abad 20 itu Yang Mulia Nabi Muhammad apa Ir Sukarno, untuk kemerdekaan? Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau jawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini," tanya Sukmawati dalam video yang viral.

Tags : PWNU , NU , Marzuki Mustamar , Sukmawati

Berita Terkait