Gus Halim: Desa-desa Penopang Kekuatan Ekonomi Nasional

| Rabu, 20/11/2019 15:42 WIB
Gus Halim: Desa-desa Penopang Kekuatan Ekonomi Nasional Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat memberikan keterangan pers (foto: kemendesa)
JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim mengatakan bahwa sesa-desa di Indonesia menjadi penopang bagi kekuatan ekonomi nasional.
 
"Penopang kekuatan nasional untuk sektor ekonomi, sosial dan budaya, mau tidak mau harus diakui itu juga ada pada masyarakat desa. Dan inilah tanggungjawab kita yang sangat berat," kata Gus Halim, dilansir kemendesagoid, Selasa 19 November 2019 malam.
 
Menurut Gus Halim, Kemendes PDTT memiliki peran strategis bagi kepentingan pembangunan nasional tersebut. Untuk itu, Ia akan aktif bernegosiasi antar kementerian/lembaga agar target-target pembangunan dapat dijalankan secara maksimal.
 
"Seperti menyelesaikan kabupaten daerah tertentu di daerah tertinggal, ini semua nggak enak. Tapi sebagai tanggungjawab, harus diwujudkan," ujarnya.
 
Sementara soal pengentasan permasalahan daerah tertentu di daerah tertinggal, Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Aisyah Gamawati mengatakan, hingga tahun 2018 pemerintah telah mengentaskan sebanyak 34 daerah tertentu di daerah tertinggal, dari total target Renstra 2015-2019 sebanyak 50 daerah. 
 
"Insya allah hingga akhir tahun 2019, dari target Renstra 2015-2019 sebanyak 50 daerah tertentu akan terentaskan seluruhnya," ujarnya.
Tags : Gus Halim , Dana Desa , Ekonomi Nasional