Wapres Ma`ruf Amin Sebut Draf RUU Ibu Kota Baru Rampung Awal 2020

| Rabu, 20/11/2019 20:05 WIB
Wapres Ma`ruf Amin Sebut Draf RUU Ibu Kota Baru Rampung Awal 2020 KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih menyusun draft Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Ibu Kota Negara (IKN) dan menargetkan akan selesai pada awal 2020 mendatang. Selanjutnya, Draf tersebut akan dibawa ke DPR untuk dibahas bersama.

"Sekarang kan lagi dibahas, dikoordinasikan di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Ya kami harapkan, kalau bisa sih awal 2020 sudah bisa (selesai). Inginnya begitu," kata Kiai Ma`ruf di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Baca Juga: Wapres Ma`ruf Amin Minta Aset First Travel Dikembalikan ke Jemaah

Dia menambahkan, pembahasan mengenai pemindahan dan pembangunan ibu kota baru semakin mengerucut pada berbagai hal, seperti bentuk daerah pemerintahannya, nama ibu kotanya hingga desain pembangunannya.

"Kedudukannya seperti apa, apakah daerah tingkat satu atau daerah khusus atau semacam federal authority yang tidak punya DPR ataugubernurnya diangkat. Tentu itu banyak hal yang sedang dikaji," terangnya.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Pastikan Pemerintah Komitmen Dorong Industri Keuangan Syariah

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Diani Sadiawati mengatakan bahwa naskah akademik terkait kajian pemindahan ibu kota baru sudah hampir selesai dan saat ini mulai penyusunan draf RUU.

"Naskah akademik sudah 99 persen, sekarang tinggal proses RUU-nya, Ada sembilan Pokja dari lintas kementerian yang bekerja. Ditargetkan akhir Desember 2019 selesai," kata Diani seperti dikutip dari antaranews.com. 

Tags : Kiai Maruf , Ibu Kota Baru , Draf RUU

Berita Terkait