Cak Imin Ajak Negara-Negara Eropa Investasi Kurangi Emisi Karbon di Indonesia

| Rabu, 29/01/2020 12:30 WIB
Cak Imin Ajak Negara-Negara Eropa Investasi Kurangi Emisi Karbon di Indonesia Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Wakil Ketua DPR RI). (Dok Radarbangsa/Labieb)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengajak negara-negara Eropa agar berinvestasi ke Indonesia untuk membantu mengurangi emisi gas karbon secara global. Langkah tersebut menurutnya bisa diatasi salah satunya dengan bertransformasi dari kendaraan berbasis BBM fosil ke berbahan listrik atau biofuel.

"Caranya dengan transformasi dari kendaraan berbasis BBM fosil (Pertalite, Solar, Pertamax) ke berbahan listrik atau biofuel. Maka, sekalian saya ajak berinvestasi, minimal yang hybrid-lah," kata Cak Imin saat menghadiri acara konsolidasi partai-partai masyarakat Eropa di Kroasia, November 2019 lalu.

Baca Juga: 16,2 Juta Rakyat Hidup dari Sawit, Gus Muhaimin Minta Sanksi Eropa Dicabut

Ketua Umum DPP PKB itu menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen menurunkan kadar emisi gas karbon sebesar 29 persen sampai tahun 2030 dengan usaha menggalakkan bahan bakar nabati (biofuel). "Biofeul dari sawit pun sedang kita genjot terus. Tahun depan B3- sudah mandatory, artinya pemerintah RI siap memberi insentif dan kemudahan pengembangan jenis ini secara optimal," ujarnya.

Sektor transportasi sangat potensial memberi sumbangan dalam mengatasi peningkatan emisi gas karbon secara global. Kendaraan dan bahan bakar yang digunakan sangat menentukan seberapa besar emisi gas karbon yang dilepaskan.

Bahkan, saat ini pemerintah tengah berupaya menekan impor solar agar masyarakat bisa segera beralih dari bahan bakar tersebut. Karena itu, Cak Imin optimis jika impor solar bisa dihentikan, maka anggarannya bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat, seperti subsidi BPJS hingga menambha kepesertaan Kartu Pra Kerja.

"Tahun 2020 saya hampir yakin kita bisa stop impor solar. Paling-paling ya hanya meneruskan kontrak impor yang lama. Duitnya bisa digeser untuk menambal BPJS, menambah kepesertaan Kartu Pra Kerja. Macam-macamlah," terangnya.

Baca Juga: Gus Muhaimin Minta Kroasia Lobi Uni Eropa `Selamatkan` Nasib 16 Juta Buruh Sawit

Sebagaimana diketahui, Wakil Ketua DPR RI Cak Imin diundang menghadiri konsolidasi partai-partai masyarakat Eropa sejak 19-21 November 2019 di Kroasia, yang membahas isu lingkungan hidup. Hadir dalam pertemuan itu antara lain negara Austria, Jerman, Italia, Perancis, Denmark, Norwegia, Belanda, Swiss dan lain-lain. 

Tags : Cak Imin , Eropa , Emisi Karbon

Berita Terkait