Perkembangan Teknologi Digital Harus Pertimbangkan SDM

| Rabu, 27/11/2019 18:14 WIB
Perkembangan Teknologi Digital Harus Pertimbangkan SDM Puteri Anetta Komarudin (foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin mempertanyakan strategi PT. BNI (Persero) Tbk menghadapi perkembangan teknologi digital dengan kepentingan sumber daya manusia (SDM) atas kebutuhan lapangan kerja.

Menurut Anetta, tuntutan perkembangan teknologi digital juga tidak bisa mengesampingkan kepentingan SDM. “Karena kita tahu banyak sekali anak-anak muda zaman sekarang merasa kesulitan mencari pekerjaan, karena saingannya sekarang sudah bukan manusia saja tapi teknologi. Bagaimana strategi BNI melihat perkembangan teknologi?" tanya Aneta.

Anetta menuturkan bahwa ekspansi bisnis BNI melalui pengembangan bisnis digital perlu memperhatikan human resources. Jika tenaga manusia digantikan teknologi, hendaknya korporasi juga memikirkan penempatan tenaga kerja.

"Akan ditempatkan dimana? Atau didistribusikan ke tempat-tempat lain, divisi lain," tanya Anetta.

Ekspansi bisnis perbankan menggunakan sarana teknologi digital akan berdampak pada lapangan pekerjaan, ada human resources yang fungsinya digantikan teknologi.

Banyak bank besar yang menutup cabang di mana-mana karena pembiayaan  terlalu besar sehingga akan lebih efisien apabila memfokuskan ke sektor yang provitable, lalu pelayannya digantikan dengan sistem digital. 

Tags : Komisi XI , DPR , BNI

Berita Terkait