Atasi Dampak Perubahan Iklim Dibutuhkan Kerjasama Semua Stakeholder

| Jum'at, 29/11/2019 10:40 WIB
Atasi Dampak Perubahan Iklim Dibutuhkan Kerjasama Semua Stakeholder Climate Institute menggelar diskusi bertajuk Suara Millenial Untuk Perubahan Iklim (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Climate Institute melakukan kerjasama dengan APIK Indonesia Network, Gerbang Tani dan Enveronment Institute menggelar diskusi terbuka ‘Suara Millennials untuk Aksi Iklim: Menuju COP-25 di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta, 28 November 2019.

Acara yang dimulai pada pukul 18.30 WIB itu, dihadiri sekaligus menjadi narasumber Dr Mahawan Karuniasa (APIK Indonesia Network), Idham Arsyad (Gerbang Tani), Putri Potabuga, Usep Saiful Kamal, Priyaji Agung Pambudi dan Riko Wahyudi serta Billy Ariez sebagai moderatornya.

“Forum yang diadakan malam ini sangat penting. Ini forum lintas sektor. Ada politisi, akademisi, NGOs, dan pengusaha. Untuk mengatasi dampak perubahan iklim melalui mitigasi ataupun adaptasi sangat dibutuhkn kerja sama antar aktor. Dan Maam ini aliansi gerbang tani, climate institute, environment Institute mewujdukan itu,” kata Billy kepada awak media usai acara.

Menurut Billy, banyak aspirasi dan suara milenial yang menggema dalam diskusi: antara lain, pentingnya adanya standarisasi yang berlaku secara international pengukuran emisi laut kita. Sebab selama ini standar yang digunakan antar lembaga selalu beda beda.

“Aspirasi lainnya adalah pentingnya reformasi keelmbagaan penanganan iklim. Sebeb saat ini hanya mengandalkan di KLHK sementara dinas level propinsi dan kabupaten seringkali tidak ditemukan. Sehingga penangannan perubahan iklim seolah olah masih berjalan ditempat,” tukasnya.

Tags : Climate Institute , Perubahan Iklim

Berita Terkait