Kadafi Suarakan Pentingnya Regulasi Pemerataan Pendidikan, Ini Alasannya

| Rabu, 04/12/2019 12:39 WIB
Kadafi Suarakan Pentingnya Regulasi Pemerataan Pendidikan, Ini Alasannya Anggota Komisi X DPR RI FPKB, Muhammad Kadafi (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - "Mencerdaskan kehidupan bangsa" sebagaimana alinea ke-4 pembukaan UUD 1945 merupakan salah satu ide dasar dan juga alasan dalam membentuk pemerintahan negara Indonesia agar memiliki masyarakat terdidik dan cerdas.

Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Kadafi berujar, perlu pembenahan optimal di dunia pendidikan guna mewujudkan ide besar ini. Salah satu yang dia tawarkan adalah regulasi pemerataan pendidikan.

Hal ini disampaikan kadafi saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan Pakar Hukum Perundang-undangan, Widodo Ekatjahjana dan Dirut PSHK Maria Farida Indriati di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

“Butuh regulasi dalam pemerataan pendidikan di Indonesia ini. Faktanya antar Universitas Negeri saja punya tembok-tembok sendiri, enggan untuk kerjasama. Lebih gampang saat ini kerjasama dengan kampus asing,” kata Kadafi.

Legislator PKB asal Dapil Lampung 1 ini juga menyoroti disiplin keilmuan di setiap tingkatan pendidikan di Indonesia. Menurut Kadafi, negara harus hadir dan memfasilitasi disiplin keilmuan masing-masing peserta didik.

Kadafi tak ingin pola pendidikan di Indonesia hanya dititikberatkan pada linieritas, sementara setiap siswa didik tidak punya disiplin keilmuan yang menjadi fokus dia selama belajar. Padahal disiplin keilmuan inilah modal masa depan mereka.

“Disiplin lintas ilmu ini perlu jadi perhatian di negara kita. Jika kita hanya linear terus maka tidak akan ada terobosan baru,” tukas Kadafi.

Tags : PKB , Muhammad Kadafi , Pendidikan