Di Sultra, Calon Kepala Daerah Berebut Tiket PKB di Lima Kabupaten

| Rabu, 11/12/2019 18:06 WIB
Di Sultra, Calon Kepala Daerah Berebut Tiket PKB di Lima Kabupaten Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar dan Wakil Ketua DPW PKB Sultra Jaelani (foto: Facebook Jaelani)

KENDARI, RADARBANGSA.COM - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mendatang.

Dari tujuh daerah yang menggelar pemilihan langsung 2020, PKB hanya memiliki kursi di DPRD lima daerah yakni Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Buton Utara. Sedangkan Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Kolaka Timur tak menempatkan wakilnya di DPRD setempat.

Pengurus DPW PKB Sultra, Jaelani menyebut, pintu partai yang dipimpin Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin itu paling banyak dilirik calon yang maju di Muna dan Buton Utara.

"Di Muna ada empat calon bupati yang memperebutkan empat kursi PKB di DPRD Kabupaten Muna, yakni LM Rajiun Tumada, LM Rusman Emba, LM Baharuddin dan Syarifuddin Udu," kata pria yang akrab disapa Bang Jay itu kepada radarbangsa.com, Rabu 11 Desember 2019. 

Sedangkan di Buton Utara, kata Bang Jay, ada empat calon bupati dan tiga calon wakil bupati yang melamar tiga kursi PKB. Untuk calon bupati, yakni, Muhamad Aswadi Adam, H Muhammad SH MH, Fahrul Muhaka dan Abu Hasan. Sedangkan calon wakil bupati adalah Nurbertus, Zaetu Ampo dan Kuslan SE

Selain di dua kabupaten itu, daya tarik PKB juga menjadi lirikan calon di Kabupaten Konawe Selatan. Meski hanya dua kursi, tiga calon kuat mendaftar di PKB yakni Surunuddin Dangga, Wahyu Ade Pratama Imran dan Irham Kalenggo.

Di Konawe Utara juga tak kalah menariknya dua kursi PKB. Wakil Bupati Konawe Utara Raup bersaing dengan Sudiro yang juga anggota DPRD setempat berebut pintu PKB, “Selain calon bupati, ada juga calon wakil bupati yang mendaftar, yakni, Kahar,” jelasnya. 

Sementara di Kabupaten Konawe Kepulauan, masih minim calon yang mendaftar. Dari sekian tokoh politik di Pulau Wawonii itu, hanya incumbent, Amrullah yang mendaftar di PKB, “Di Konawe Kepulauan, kita punya tiga kursi dan mendapatkan kursi pimpinan DPRD,” tuturnya.

Khusus dua kabupaten yang tidak memiliki kursi, Wakatobi dan Kolaka Timur, PKB memastikan tetap akan mendukung calon tertentu, “Secara infrastruktur partai kita punya di dua daerah itu meskipun tak memiliki kursi di DPRD. Namun, calon yang kita dukung nanti memiliki visi yang sama dengan kita memperjuangkan kepentingan masyarakat dan membumikan visi politik PKB rahmatan lil alamin,” jelasnya.

 

Tags : Pilkada 2020 , Sultra , PKB

Berita Terkait