Presiden Jokowi Lepas Ekspor Isuzu Traga ke Filipina

| Kamis, 12/12/2019 17:24 WIB
Presiden Jokowi Lepas Ekspor Isuzu Traga ke Filipina Presiden Jokowi Lepas Ekspor Isuzu Traga ke Filipina di Karawang (foto: setkabgoid)

KARAWANG, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus melepas ekspor perdana 120 unit Isuzu Traga ke Filipina yang diproduksi PT Isuzu Astra Motor Indonesia di Karawang, Kamis 12 Desember 2019.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi PT Isuzu Astra Motor Indonesia yang telah mengekspor kendaraan yang menggunakan komponen 53,5 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Presiden Jokowi juga berharap dalam tiga tahun Isuzu Traga akan bisa masuk ke-20 negara, baik Afrika, Asia Timur, maupun ke negara-negara Timur Tengah. Sehingga ekspornya semakin meningkat.

“Ini yang diharapkan oleh pemerintah oleh negara ini. Ekspor kita semakin meningkat, semakin terus naik, yang pada ujungnya kita berharap current account, defisit kita semakin mengecil dan semakin nantinya neraca perdagangan kita juga bisa surplus,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menantang industri otomotif nasional untuk mengekspor minimal 1 juta unit pada 2024 mendatang, “Caranya gimana enggak mau tahu, yang jelas sekarang Pak Prijono (Prijono Sugiarto, Presdir PT Isuzu Astra Moto, red) sudah salaman dengan Menko Perkonomian dan Menteri Perindustrian, berarti sangat serius,” katanya.

“Kalau sekarang 8 miliar dollar AS berarti 3 kali lipat 24 miliar dollar AS harus keluar dari ekspor otomotif kita,” tambah Presiden.

Tags : Presiden Jokowi , Ekspor Otomotif