Komisi II DPR Tinjau Persiapan Pilkada di Tangsel

| Senin, 16/12/2019 16:16 WIB
Komisi II DPR Tinjau Persiapan Pilkada di Tangsel ilustrasi Pilkada 2020 (image: kaltimpos)

TANGSEL, RADARBANGSA.COM - Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kota Tangerang Selatan. Kunker ini untuk memastikan kesiapan daerah dalam menyelenggarakan pesta demokrasi tingkat daerah pada 2020 mendatang.

Ketua Tim Kunjungan Spesifik Komisi II DPR RI Arwani Thomafi menilai Kota Tangerang Selatan sudah siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah 2020 mendatang. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) juga sudah ditandatangani. 

"Kunjungan Komisi II ini untuk memastikan kesiapan Tangsel dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang. Kami lihat dari sisi anggaran melalui NPHD sudah baik, namun masih ada beberapa yang menjadi perhatian kami," kata Arwani, dikutip laman dprgoid, Senin 16 Desember 2019.

Arwani mengatakan, yang menjadi pehatian Komisi II DPR RI ialah terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), perkembangan program Kartu Tanda Penduduk Elekrtonik (KTP-el) yang belum 100 persen,  peran penyelenggara Pemilu hingga sosialisasi pelaksanaan Pilkada terhadap masyarakat. 

"Pilkada adalah pintu menuju penyelenggaran pemerintah daerah yang efektif, efesien, bersih dan demokratis. Pilkada juga merupakan wujud pelibatan masyarakat dalam proses politik dalam menentukan figur dan arah kepemimpinan daerahnya,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Arwani, penyelenggaraan pilkada haruslah demokratis dan diimbangi dengan kesiapan yang matang setiap daerah untuk melaksanakan pilkada serta koordinasi yang terus menerus antar stakeholder.

Tags : Pilkada 2020 , Komisi II

Berita Terkait