Menteri dari PKB Dorong Produk UMKM Go Internasional

| Jum'at, 20/12/2019 16:22 WIB
Menteri dari PKB Dorong Produk UMKM Go Internasional Presiden Jokowi didampingi Menteri Perdaganan Agus Suparmanto menghadiri acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export (foto: kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Melihat semakin pentingnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Kementerian Perdagangan kini menitikberatkan programnya pada peningkatan kapasitas UMKM Indonesia khususnya untuk ekspor.

Hal itu merupakan wujud dukungan Kementerian Perdagangan terhadap pengembangan UMKM di Indonesia agar produk-produknya dapat lebih dikenal luas dan mampu bersaing di pasar global.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto saat menghadiri acara Brilianpreneur 2019 UMKM Export yang dibuka Presiden RI Joko Widodo di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 20 Desember 2019.

“Saat ini, berbagai upaya dan program bantuan pemerintah untuk UMKM terus ditingkatkan Kementerian Perdagangan, khususnya yang berorientasi ekspor. Tujuannya agar pelaku UMKM mendapatkan peluang yang sama untuk ekspor, mudah memperoleh bahan baku dan fasilitas pembiayaan, serta dapat memperoleh akses pasar ekspor,” ujar Mendag Agus Suparmanto.

Dalam melakukan promosi ekspor ke pasar internasional, Kementerian Perdagangan juga terus memperkuat peran dan kinerja perwakilan perdagangan, baik Atase Perdagangan maupun Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) untuk membantu para pelaku UMKM, baik dalam mempromosikan produknya dan mencari buyers di luar negeri, sehingga dapat melakukan transaksi ekspor.

“Peran Atdag dan ITPC, jelas tidak hanya mengikuti pameran dagang, tetapi sekaligus berperan sebagai agen pemasaran para pelaku usaha Indonesia,” tegas Mendag.

 

Tags : Kemendag , Menteri Agus Suparmanto , UMKM

Berita Terkait