Emil Dardak: Jatim Mau Contoh Vietnam

| Jum'at, 20/12/2019 20:49 WIB
Emil Dardak: Jatim Mau Contoh Vietnam Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menjelaskan rencananya untuk Jawa Timur yang akan mencontoh Vietnam. Saat ini Vietnam menjadi salah satu negara yang mendapat relokasi investasi terbanyak yang keluar dari Tiongkok.

“Kenapa kita mau contoh vietnam, karena Vietnam itu tidak pernah mengekspor SDA, jadi dia itu mengekspor apa saja yang awalnya dia impor dan lalu kemudian diolah. Jadi Vietnam ini sangat mengandalkan industri manufakturingnya,” jelas Emil saat menghadiri Tempo Economic Briefing, Kamis 19 Desember 2019.

Emil menuturkan Jawa Timur saat ini merupakan wilayah kedua yang menyumbang setengah dari perekomian di Indonesia setelah DKI Jakarta yang lebih banyak menyumbang di sektor jasa.

Sektor Perindustrian paling banyak berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Gresik dan Mojokerto. Hingga saat ini sektor perindustrian Jawa Timur menyumbang hingga 29% pada perekonomian di Indonesia.

Kelima wilayah yang disebutkan tadi menurut Emil adalah wilayah yang memungkinkan masuknya investor, baik dalam maupun luar negeri. Terlebih, kawasan ini juga sudah didukung dengan kapasitas listrik yang memadai serta pengolahan limbah.

Saat ini, kami akan lebih fokus ke Surabaya, karena Surabaya kota metropolitan. Tinggal kami bangun koneksitas antarkawasan ke wilayah gresik, pasuruan, mojokerto agar lebih efisien.

 

 

 

Tags : Emil Dardak , Jawa Timur , Investasi , Vietnam

Berita Terkait