Retno Marsudi: Pemerintah Indonesia Dukung Penuh Keketuaan Vietnam di ASEAN

| Minggu, 19/01/2020 18:15 WIB
Retno Marsudi: Pemerintah Indonesia Dukung Penuh Keketuaan Vietnam di ASEAN Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM -  Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Pemerintah Indonesia akan mendukung penuh keketuaan Vietnam untuk ASEAN.

“Indonesia dengan senang hati mencatat bahwa ASEAN telah menyelesaikan banyak garis aksi Visi Komunitas ASEAN 2025 dan Cetak Biru Komunitas ASEAN, kata Menlu RI Retno Marsudi dikutip laman setkabgoid, Minggu 19 Januari 2020.

Sehubungan dengan prioritas keketuaan Vietnam tahun 2020, Indonesia berharap peninjauan Term of Reference AICHR dapat diselesaikan di bawah kepemimpinan Vietnam.

“Indonesia juga mendorong ASEAN untuk lebih aktif dan bekerja sama dalam memastikan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) ditandatangani tahun 2020,” tambahnya.

Sementara soal tindak lanjut dari Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik, Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan “Forum ASEAN-WEF tentang Infrastruktur dan Konektivitas Indo-Pasifik” di Jakarta, 7-9 Juli 2020 mendatang.

 

Tags : ASEAN , Indonesia , Vietnam