Neng Eem: Sinergi dan Kolaborasi Kunci Tercapainya Kesejahteraan Rakyat

| Senin, 20/01/2020 14:40 WIB
Neng Eem: Sinergi dan Kolaborasi Kunci Tercapainya Kesejahteraan Rakyat Anggota DPR RI, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menghadiri seminar tentang 4 pilar kebangsaan di Bogor (foto istimewa)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki cita-cita luhur yang tertuang dalam sila kelima dari Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Di masa sekarang ini, cita-cita tersebut hanya dapat dicapai melalui sinergi dan kolaborasi multipihak yang memiliki visi, misi, dan tujuan yang sama,” papar Neng Eem dalam acara Seminar Kebangsaan bertema “Pancasila, NKRI, UUD Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika” di Kampus IPB Darmaga, Bogor, Minggu, 19 Januari 2020.

Menurut Neng Eem, semua pihak yang terlibat harus bersatu, bekerjasama, dan tidak terkotak-kotak dengan alasan apapun. Melalui sinergi dan kolaborasi, cita-cita tersebut akan lebih mudah dan cepat terwujud.

Neng Eem mengambil contoh berbagai upaya pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah yang dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak. “Termasuk ketika Pemerintah tidak hadir menyelesaikan permasalahan di masyarakat, maka organisasi kemasyarakatan, seperti Nahdlatul Ulama (NU), harus menyuarakannya ke Pemerintah,” tegasnya.

Neng Eem menyoroti persoalan masih tingginya ketimpangan ekonomi yang terjadi di masyarakat. Perbedaan tingkat ekonomi antara kelompok orang kaya dengan kelompok orang miskin, masih sangat besar.

“Di sinilah persoalan keadilan sosial terlihat secara jelas. Bagaimana kelompok orang kaya yang berkumpul di kota-kota besar, kondisi perekonomiannya, jauh lebih sejahtera dibandingkan dengan saudara-saudara sebangsa kita di pedesaan, kampung-kampung nelayan, dan pinggiran hutan,” ungkap Neng Eem.

Pencapaian keadilan sosial, lanjut Neng Eem, menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap agar seluruh pihak menjadikannya sebagai fokus dan tidak terganggu dengan berbagai persoalan yang tidak esensial.

Tags : PKB , Neng Eem Marhamah , Kesejahteraan