Kementerian PUPR Lakukan Penanganan dan Antisipasi Banjir di Jabodetabek

| Jum'at, 24/01/2020 22:19 WIB
Kementerian PUPR Lakukan Penanganan dan Antisipasi Banjir di Jabodetabek Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI melakukan peninjauan pembangunan bendungan Ciawi (foto: pugoid)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penanganan dan antisipasi banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Hal itu disampaikan oleh Kepala BBWS Ciliwung Cisadane, Bambang Hidayah saat mengunjungi Bendungan Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis 23 Januari 2020.

“Disamping bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, Kementerian PUPR melaksanakan normalisasi Kali Ciliwung,” jelas Kepala BBWS Ciliwung Cisadane, Bambang Hidayah.

Sementara itu, lanjut Bambang, untuk antisipasi banjir di wilayah Barat dilaksanakan normalisasi pada Sungai Pesanggrahan, Sungai Angke, dan Sungai Krukut, serta normalisasi Sungai Sunter di Timur Jakarta.

“Untuk kegiatan normalisasi dan Sudetan Ciliwung ke KBT, saat ini sedang terkendala pada proses pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab Pemerintah DKI Jakarta, sehingga pekerjaan tidak dapat dilanjutkan,” tambahnya.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah menyusun skema rencana pengendalian banjir Sungai Cikeas, Cileungsi, Bekasi dan Cikarang Bekasi Laut (CBL) dengan rencana normalisasi Kali Bekasi, rencana pembangunan Bendungan Narogong dan Bendung Air Baku Klapanunggal, serta rencana bendung gerak dan pelebaran muara di CBL.

Turut hadir dalam kunjungan ke Bendungan Ciawi adalah Anggota Komisi V DPR RI sekaligus menjadi Ketua Rombongan, Neng Eem Marhamah. Ia mengapresiasi progres pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, khususnya progres pembebasan lahan yang telah lebih dari 90%.

Neng Eem berharap Kementerian PUPR dapat segera menyelesaikan pembangunan kedua bendungan ini agar dapat mendukung penanganan bajir yang sudah menjadi “rutinitas” di Jabodetabek.

Tags : Banjir Jabodetabek , Kementerian PUPR , Komisi V

Berita Terkait