Kembangkan Industri Pertahanan, Jokowi Minta Perluasan Target Ekspor

| Senin, 27/01/2020 17:03 WIB
Kembangkan Industri Pertahanan, Jokowi Minta Perluasan Target Ekspor Presiden Jokowi memberikan keterangan pers usai melantik dewan pengawan dan pimpinan KPK (foto: sektabgoid)

SURABAYA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Rapat Terbatas  (ratas) denan para Menteri Kabinet Indonesia Maju terkait Kebijakan Pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin 27 Januari 2020.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan, yang tidak kalah penting adalah perluasan pasar ekspor produk-produk BUMN klaster industri pertahanan.

“Ini juga saya lihat beberapa sudah dilakukan baik oleh PT PAL, oleh PT Pindad maupun PT DI, ini juga sebuah lompatan yang kita memerlukan pasar yang lebih besar lagi,” ujar Presiden Jokowi.

Dilansir setkabgoid, Presiden Jokowi menuturkan bahwa hal lain yang sangat diperlukan adalah transfer teknologi, kerja sama dengan BUMN, peningkatan kandungan dalam negeri (TKDN), kemudian pengembangan rantai produksi antar BUMN dengan UKM-UKM dengan perusahaan swasta.

Pengembangan alutsista, lanjut Presiden, harus menyerap dan adopsi pengembangan teknologi militer terkini yang serba digital. “Ini memerlukan lompatan tetapi saya yakin dengan BUMN kita berpartner dengan perusahaan-perusahaan luar,” katanya.

Tags : Presiden Jokowi , Industri Pertahanan , Alutsista